Sunday, May 29, 2011

Tip Mencegah PC Terserang Virus

        Semakin berkembangnya dunia teknologi dan informasi, virus pun tak mau kalah. Banyak virus-virus baru yang bermunculan yang sering membuat PC kita hank. Yang saya herankan itu kenapa ada orang yang mau membuat virus. Padahal itu kan perbuatan yang merugikan orang lain, bahkan bisa merugikan diri sendiri. Denger-denger sih ada juga oknum tertentu yang mempunyai tujuan agar produk antifirusnya itu banyak yang pakai. Wah wah wah… itu namanya merugikan orang lain demi kepentingan pribadi. Ya itulah manusia.

        Dengan adanya virus di komputer, berarti komputer tersebut berpotensi menyebarkan virus yang ada di dalamnya ke komputer lain yang tidak terinveksi sekaligus membahayakan data-data yang ada di dalamnya. Kebanyakan sumber virus berasal dari internet dan media penyimpanan eksternal. Nah kali ini saya akan berbagi tips agar PC kita terhindar dari virus:

1. Yang paling penting adalah PC harus diinstal antivirus. Baik antivirus lokal maupun internasional. Hahaha, virusnya gaul ada yang berstandar internasional juga. Anda bisa menggunakan antivirus yang beredar dipasaran. Misalnya: Smadav, AVG, Avira, Norton, McAve, dkk. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirunnya, karena virus semakin hari semakin canggih.

2. Jangan lupa selalu meng-on-kan Firewall. Bagi anda yang tak tahu Firewall, nih aku kasih sedikit bocoran. Firewall merupakan software yang dapat menangkal akses ilegal ke komputer, baik yang bermaksud menghapus informasi, merusak komputer, maupun mencuri data pribadi. Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer yang saling terhubung, pastikan firewall di masing-masing komputer aktif. Ini untuk mencegah virus menyebar ke semua komputer apabila salah satu komputer terinfeksi.
cara mengaktifkan firewall: Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Turn Windows Firewall on or of  > lalu aktifkan firewall (settingan untuk windows 7)

3. Saya sarankan untuk menggunakan software dan sistem operasi yang up-to-date. Update terbaru, apalagi yang sifatnya high priority sangat penting untuk keamanan komputer. Update software biasanya berisi perlindungan terkini, serta perbaikan pada bug dan celah keamanan yang ada di versi sebelumnya.

4. Selalu waspada dan hati-hati, seperti tidak sembarang membuka attachment di e-mail atau link yang tidak diketahui secara pasti apa isinya. Attachment atau link tersebut bisa saja berisi virus atau program jahat lainnya. Jangan sembarang men-download, kecuali dari situs yang terpercaya, dan baca semua peringatan keamanan, persetujuan lisensi dan privasi terkait software manapun yang Anda download.

5. Hati-hati dalam mengunjungi situs tertentu. Terkadang beberapa situs dapat menjadi sumber penyebaran virus, malware dan lain-lain. Biasanya situs2 tersebut adalah situs yang berhubungan dengan virus, hacking dan sebagainya. (tapi tenang, blog saya tidak mengandung virus kok ^_^)

6. Mewaspadai media penyimpanan eksternal. Media penyimpanan ekseternal seperti flashdisk, SD Card, harddisk portable dan lain-lain bisa menjadi perantara penyebaran virus oleh sebab itu pastikan anda menscan media eksternal tersebut agar aman dari virus.

7. Gunakan software2 yang legal/asli. Biasanya program bajakan mengandung krack / patch yang akan menyebabkan sistem komputer menjadi tidak stabil karena sifat dari krack tersebut adalah destruktif yaitu menghancurkan pertahanan dari software yang dibajak agar dapat digunakan secara full version dan ini bisa dianggap sebuah eksploit di Windows 7 sehingga dapat membahayakan sistem. (Hehe, jangan bilang-bilang ya,.. sebenarnya software saya juga banyak yang bajakan)

8. Jangan gegabah menginstal software Hati-hati terhadap software yang anda instal baik yang anda beli dari cd bajakan di toko-toko cd, download dari internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang anda pasang tanpa anda sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting anda secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal anda tidak akan kehilangan data anda.

9. Awasi user/orang lain yang memakai komputer anda. Jika komputer anda dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer anda. Anda dapat membuat account khusus untuk tamu/guest dengan batasan-batasan tertentu yang anda dapat seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak anda duga bisa saja menginstal program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa anda gunakan.

10. Waspada selalu. Jika anda merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada komputer anda segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan dengan baik dan semestinya. Apabila anda mendapatkan pertanyaan untuk menginstall software dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall anda.


Yups, itu sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat dan terus semangat menggali ilmu pengetahuan. Selamat merawat PC Anda ^_^.

0 comments:

Post a Comment