Saturday, May 21, 2011

ICMP dan IGMP

Pengertian ICMP
  • Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu error handling dan prosedur pengaturan (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services).
  • Tugas dari ICMP adalah menyediakan pengendalian error (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer.
  • Kegiatan yang berjalan di Internet dimonitor secara teliti oleh router. Jika terjadi seseuatu yang tidak diinginkan, kejadian tersebut akan dilaporkan oleh ICMP.
  • ICMP mendeteksi kondisi error seperti kongesti/ kemacetan internetwork (internetwork congestion) dan hubungan yang putus, lalu memberitahukan IP (Internet Protocol) dan protokol pada layer atas sehingga paket-paket dapat dikirimkan disekeliling area yang bermasalah.

Pengertian IGMP 
  • Internet Group Management Protocol ( IGMP ) adalah salah satu protokol jaringan dalam kumpulan protocol Transmission Control Protocol/Internet Protocol ( TCP/IP ) yang bekerja pada lapisan jaringan yang digunakan untuk mengiformasikan ke router – router IP tentang keberadaan group – group jaringan multicast.
  • Sekali sebuah router mengetahui bahwa terdapat beberapa host dalam jaringan yang terhubung secara local yang tergabung ke dalam group multicast tertentu, router akan menyebarkan informasi ini dengan menggunakan protocol IGMP kepada router lainnya dalam sebuah internetwork sehingga pesan – pesan multicast dapat diteruskan kepada router yang sesuai.
  • Pengertian lain yakni : protocol komunikasi yang digunakan untuk mengelola keanggotaan Internet Protocol multicast group. IGMP digunakan oleh IP host dan sekitar multicast router untuk membentuk keanggotaan grup multicast.
  • Pengertian lain yakni : protocol internet yang multicasting protocol di internet protocol keluarga, digunakan oleh IP host untuk melaporkan mereka angkat keanggotaan grup untuk segera tetangga setiap router si datagrams IP, dengan IP protocol nomor 2. IGMP telah versi IGMP v1, v2, v3.
Untuk lebih lengkapnya bisa download pdf tentang ICMP dan IGMP di sini.

1 comments: